griddle

Mengenal Berbagai Macam Mesin Griddle

29 November 0

Mesin gas griddle adalah alat masak yang digunakan untuk memanggang ataupun menggoreng suatu makanan melalui induksi panas pada permukaan suatu plat yang terbuat dari logam. Sumber panas dari mesin griddle ini sendiri bermacam-macam, ada yang berasal dari kayu bakar, arang, listrik maupun gas. Sumber pemanas yang sering ditemui di pasaran pada umumnya menggunakan gas, karena lebih murah dan tersedia banyak dibanding bahan bakar lain.

Logam yang digunakan sebagai plat griddle biasanya terbuat dari rangka besi kuat dan tahan karat seperti aluminium, stainless steel dan baja karbon. Selain tahan karat, bahan-bahan tersebut mudah menghantarkan panas, sehingga tidak boros energi. Di Amerika Latin griddle tradisional yang juga disebut sebagai budare, terbuat dari batu atau tanah liat, dan digunakan untuk memasak berbagai macam roti pipih seperti tortilla, arepa dan casabe. Sedangkan untuk tipe modernnya yang biasa digunakan untuk keperluan komersial dan terbuat dari metal dikenal dengan nama comals.

Griddle yang terbuat dari logam pada awalnya hanyalah sebuah logam dengan permukaan datar untuk menggoreng yang terpisah dari suatu penjepit pada sebuah perapian. Kini penggunaan Griddle sudah berevolusi menjadi suatu bagian yang tidak terpisahkan dari kompor masak yang berbahan bakar kayu sebagai plat logam yang removable. Walaupun pada beberapa kompor masak griddle didesain dengan posisi yang terpisah pula.

Setiap griddle modern umumnya terdiri dari tiga komponen penting yakni plat, sumber panas dan pengatur suhu. Kualitas suatu griddle dapat dilihat dari lama pemanasan, konsistensi temperatur yang dihasilkan, waktu recovery, dan produktivitasnya. Setiap parameter ini akan mempengaruhi performa suatu griddle secara keseluruhan. Beberapa makanan dimasak dengan cara memanaskan bidang permukaan griddle tanpa menggunakan minyak, namun sebagian besar makanan yang dimasak dengan menggunakan griddle umumnya dimasak dengan cara menggunakan minyak sedikit.

Kebanyakan griddle komersial akan terbuat dari baja A36 mulai dari ketebalan ⅜ sampai 1 inch. Kedalaman dari griddle itu sendiri umumnya berkisar pada kedalaman 24 inch. Pada griddle elektrik tebal plat yang digunakan umumnya akan lebih tipis karena jika terlalu tebal energi listrik yang digunakan untuk memanaskan permukaan griddle akan lebih banyak.

Mesin griddle juga akan dilengkapi dengan beberapa aksesoris yang dapat mendukung proses memasak, seperti stainless steel cabinet untuk menyimpan bahan masak sementara, kaki yang adjustable, papan untuk memotong makanan dan lain sebagainya. Saat ini griddle banyak digunakan untuk beberapa acara seperti camping yang membutuhkan alat masak untuk memanaskan masakan secara praktis. Sehingga dengan dilengkapi beberapa aksesoris tersebut tentu akan mempermudah proses memasak makanan.

Karena mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, umumnya griddle akan dilengkapi dengan sistem pengaman untuk mencegah kebakaran. Seperti adanya sensor yang dapat mendeteksi adanya kebocoran gas, sehingga sumber bahan bakar untuk griddle akan otomatis berhenti sebelum kebocoran tersebut teratasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *