Contoh cetak kemasan box

Jenis Kertas Untuk Cetak Kemasan Kertas

06 February 0

Jenis kertas untuk cetak kemasan kertas itu beragam, namun sebelum membahas hal tersebut terlebih dahulu akan dibahas mengenai fungsi kemasan sebagai berikut.

Fungsi Kemasan

Sebelum membahas tentang cetak kemasan, maka perlu kita ketahui terlebih dahulu mengenai fungsi kemasan itu. Pertama fungsi kemasan untuk mewadahi produk, yakni meliputi sejak masih dalam tahap produksi hingga ke tahap distribusinya, dari pihak produsen ke pihak konsumen, supaya produk tidak tercecer, baik itu produk yang berupa butiran maupun cairan, ataupun produk yang berbentuk pasta dan lain sebagainya. Juga termasuk menjaga keawetan dan kualitas produk serta melindungi produk dari paparan sinar ultraviolet, juga suhu panas atau dingin, serta pengaruh kelembaban udara, atau oksigen, juga menjaga keutuhan dan kualitas bentuk produk dari kemungkinan terjadinya benturan, juga dari kemungkinan terjadinya kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang bisa merusak dan menurunkan kualitas mutu produknya. Fungsi kemasan juga adalah untuk menjadi penunjuk identitas produk, dan sebagai sarana komunikasi dan pemberi informasi. Fungsi lainnya adalah untuk memudahkan perhitungan isi kemasan, yakni bisa per lusin, atau per berat sekian gram atau sekian miligram dan lain sebagainya.

Aneka Jenis Bahan Kertas Untuk Cetak Kemasan Kertas

Kemasan produk dapat terbuat dari plastik atau kertas dan lain sebagainya. Adapun jenis kertas yang bisa dipergunakan untuk menjadi media cetak kemasan kertas antara lain adalah kertas ivory, yakni suatu jenis kertas yang biasanya dipergunakan untuk menjadi wadah produk berupa makanan, karena lebih aman berkat sifatnya yang food friendly, dan juga karena kertas ivory tersebut cukup tebal dan berkesan eksklusif sehingga sangat cocok menjadi wadah pembungkus makanan. Selain itu bisa juga dipergunakan kertas berupa kertas duplex, yakni suatu jenis kertas dengan ciri-ciri yang biasanya memiliki dua sisi dengan warna yang berbeda, di satu sisi berwarna putih dan pada sisi lainnya berwarna silver atau abu-abu pada bagian belakangnya. Kertas ini lebih murah harganya, dan bagian yang menjadi media cetak biasanya adalah di sisi kertas yang pada bagian sisi yang berwarna putih. Jenis kertas lainnya yang biasa dipergunakan untuk menjadi media cetak kemasan produk adalah kertas art paper. Kertas art paper ini dapat dicetak dengan mempergunakan mesin offset ataupun juga secara digital print dengan permukaan yang pada bagian depan dan belakangnya putih mengkilap. Penggunaan kertas jenis ini juga biasanya untuk menjadi brosur, atau dipergunakan dalam pencetakan majalah, atau katalog dan lain sebagainya. Kertas selanjutnya adalah kertas kraft coklat . Kertas ini merupakan hasil proses daur ulang yang memiliki ciri berupa warna coklat muda ataupun warna coklat tua, dengan kesan yang klasik dan relatif ringan meski cukup tebal maka kertas jenis ini biasanya dipergunakan antara lain sebagai paperbag, atau menjadi hangtag dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai jenis kertas untuk cetak kemasan kertas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *