Struktur kuda kuda rangka baja ringan

Tips Pemasangan Kuda-Kuda Atap Rangka Baja Ringan Agar Bisa Menopang Beban Sempurna

25 March 0

Pemasangan kuda-kuda rangka baja ringan harus melalui perhitungan beban yang benar demi menghindari resiko baja melengkung, begini tipsnya.

Kuda-kuda Rangka dari Baja Ringan Perlu Perhitungan yang Detail

Pemasangan kuda-kuda dari atap baja ringan tak bisa asal apalagi dilakukan oleh pekerja yang belum profesional. Anda harus menyewa tenaga profesional yang bisa melakukan perhitungan beban dan memahami teknik pemasangan kuda-kuda yang benar. Seperti pemasangan kuda-kuda kayu, kuda-kuda rangka dari baja ringan juga membutuhkan detail mulai dari beban konstruksi hingga jarak pemasangan kuda-kuda.

Umumnya kuda-kuda rangka baja ringan memiliki ketebalan 0,4 mm sampai 1 mm. Ukuran yang tipis tersebut harus diimbangi dengan kekuatan tarik regangan yang memadai agar konstruksi tak melengkung karena kelebihan beban atau terkena angin. Pada konstruksi kuda-kuda atap, pastikan baja ringan memiliki kekuatan tarik dan regangan sekitar 550 Mpa tak boleh kurang dari itu.

Tips Memasang Kuda-kuda Rangka dari Baja Ringan

Pemasangan kuda-kuda rangka baja ringan juga cukup berbeda dengan pemasangan kuda-kuda dari kayu. Langkah pemasangan kuda-kuda rangka bisa dilakukan seperti berikut :

  1. Meratakan ring yang ada di bagian balok agar lebih seimbang.
  2. Merakit web.
  3. Memasang web yang sudah dirakit sebelumnya ke ring balok yang sudah dipersiapkan tadi. Pemasangan bagian dynabolt dan penempatan bagian siku sudah tercakup di dalam proses ini.
  4. Setelah web terpasang, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan bagian reng.
  5. Setelah reng terpasang, kini saatnya memasang genteng. Genteng dipasang memakai sistem tumpuk. Genteng kanan didekatkan di bagian atas genteng kiri dan dilakukan mulai dari sebelah kiri ke kanan.
  6. Apabila perlu memotong genteng, maka pemotongan dilakukan di bagian atas genteng.
  7. Setelah genteng terpasang, kemudian memasang talang, nok dan lisplank.

Pemasangan kuda-kuda rangka baja ringan cenderung lebih rapat agar bisa menyebarkan beban dengan sempurna. Semakin beban yang harus ditopang, maka jarak kuda-kuda akan semakin pendek. Sebagai contoh, untuk bobot genteng 75kg/m2 maka jarak kuda-kuda yang dianjurkan sekitar 1,2 meter. Sedangkan untuk bobot genteng 40 kg/m2 maka jarak kuda-kudanya sekitar 1,4 meter. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *