catering nasi box

Tips Menekan Biaya Catering Nasi Box untuk Sebuah Event

20 May 0

Makanan dalam sebuah acara memang menjadi hal yang penting. Menentukan jenis makanan hingga display makanan seperti apa menjadi hal yang wajib diperhatikan si penyelenggara acara. Banyak orang mempercayakan hal ini ke jasa catering nasi box untuk event yang sudah memiliki pengalaman. Namun terkadang biaya untuk perihal makanan ini membengkak hingga tidak terkontrol.

Hal-hal seperti salah perhitungan jumlah tamu hingga jenis menu makanan menjadi beberapa penyebab membengkaknya biaya untuk jasa catering untuk event tersebut. Nah untuk yang sedang merencanakan sebuah acara, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran ini. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

  1. Hitung Jumlah Tamu

Hal mendasar dalam merencanakan sebuah acara adalah dengan menghitung jumlah tamu yang akan hadir. Dengan mengetahui jumlah tamu yang akan hadir, menghitung porsi makanan yang akan dipesan ke jasa catering nasi box untuk event akan lebih mudah. Selain itu menghitung dengan benar jumlah tamu akan menghindarkan dari pembengkakan biaya makanan.

  1. Hitung Porsi Hidangan

Tips selanjutnya adalah menghitung porsi hidangan yang akan dipesan ke jasa catering nasi box maupun prasmanan untuk event. Dalam sebuah acara seperti pernikahan, para undangan biasanya akan membawa gandengan untuk menghadiri acara tersebut. Untuk menentukan jumlah porsi yang akan dipesan adalah dengan rumus jumlah tamu undangan dikalikan dua. Sebagai contoh, jika undangan 500 orang, maka makanan yang akan dipesan diperuntukkan untuk 1000 orang. Lain halnya jika acara yang akan diadakan adalah acara yang dihadiri oleh tamu undangan saja tanpa boleh membawa pasangan, seperti acara resmi kantor. Maka jumlah porsi makanan akan menyesuaikan jumlah undangan tersebut.

  1. Cermati Menu Makanan

Menu makanan yang ditawarkan oleh jasa catering untuk event biasanya berupa paket buffet dan juga stall. Paket buffet adalah paket makanan yang berisi satu paket menu makanan lengkap yang bisa diambil secara prasmanan. Sedangkan stall hanya terdiri dari satu jenis makanan saja. Pada makanan buffet biasanya terdiri dari beberapa macam jenis lauk, dan sayuran. Pilihlah jenis menu lauk dan sayuran yang sesuai dengan budget yang telah dialokasikan. Sebagai contoh ayam dan ikan bisa menggantikan menu daging dan cumi di paket menu buffet. Begitu juga menu di stall, pastikan menu-menu tersebut sesuai dengan budget yang dimiliki. Memilih siomay, sate, atau bakso tentu lebih hemat dibanding dengan memilih steak, cordon bleu, atau kambing guling.

  1. Kurangi Ragam Stall Makanan

Jika makanan yang dipilih adalah jenis makanan pada menu stall, maka kurangi ragam stall makanan yang akan disajikan. Pada umumnya jasa catering nasi box atau prasmanan untuk event menyediakan berbagai macam jenis pilihan menu makanan untuk stall, tentu saja dengan berbagai macam varian harganya. Untuk menekan biaya pengeluaran agar lebih hemat, batasi pilihan ragam menu dan perbanyak jumlah porsinya pada setiap stall. Dengan begitu, semua tamu dapat mencicipi semua menu yang ada di acara namun pengeluaran tidak akan membengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *